Bagaimana Menangani Alergi Kulit?

Alergi kulit tak hanya menyebalkan namun juga membahayakan. Alergi ini bisa berkembang cepat bahkan dalam hitungan menit. Meski biasanya alergi ini reaksinya ringan, namun reaksinya bisa terjadi tiba-tiba. Ada banyak macam penyebabnya. Itulah kenapa sangat penting untuk mengetahui penyebab dan juga cara mengatasinya. Di dunia kedokteran, alergi kulit ini biasa disebut dengan istilah dermatitis.

Penyebab-penyebab Alergi Kulit

Alergi pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi pemicu alergi pada kulit:

  • Produk Kosemtik

Kosmetik yang tak cocok bukannya mempercantik kulit namun justru bisa menyebabkan alergi. Misalnya adalah pewarna rambut, sampo, sabun, deodorant, losion, dll.

  • Produk Pembersih

Banyak produk pembersih seperti deterjen, desinfektan, sabun cuci, pembersih lantai, dll yang juga bisa menyebabkan alergi khususnya pada kulit.

  • Obat yang Dioleskan Kulit

Alergi juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang dioleskan ke kulit. Antibiotic dan krim anti gatal adalah beberapa contohnya.

  • Aksesoris Logam

Bahkan, aksesoris logam seperti emas dan nikel pun juga bisa menyebabkan pemakainya mengalami alergi di kulitnya.

  • Tanaman

Faktor lain yang mungkin menyebabkan alergi pada kulitmu adalah tanaman. Tanaman di sini bisa berasal dari serbuk sari, batang atau daunnya.

  • Lateks

Lateks merupakan bahan yang sering digunakan untuk pembuatan balon, kondom, dan sarung tangan karet. Bahan ini juga bisa memicu alergi di kulit.

Alergi yang terjadi pada kulit mungkin juga bisa disebabkan karena faktor lain. Contoh faktor lain adalah parfum dan semprotan serangga.

Tips Menangani Alergi Kulit

Jika alergi kulit terjadi pada kalian, maka kalian wajib tahu cara mengatasinya. Sangat penting juga untuk mencegahnya. Berikut Beberapa tips yang perlu kalian ikuti:

  1. Losion Calamine / Krim Hidrokortison

Krim di atas fungsinya sama, yaitu mengurangi gatal. Krim tersebut sangat bermanfaat sebagai cara mengatasi alergi kulit. Tapi, penggunaannya harus sesuai petunjuk dan rekomendasi dari dokter kulit.

  1. Pakaian Longgar

Ruam di kulit bisa semakin parah jika kalian memakai pakaian ketat. Maka dari itu, pakailah pakaian yang longgar dan nyaman jika merasa gatal-gatal atau menemui gejala alergi pada kulitmu.

  1. Mandi Air Dingin

Ruam yang terjadi pada kulit bisa dikurangi dengan cara mandi menggunakan air dingin. Cara lain adalah dengan mengkompressnya menggunakan air dingin. Air panas bisa memperparah ruam di kulit.

  1. Tes Alergi

Gatal pada kulit belum tentu merupakan efek dari alergi. Untuk mengetahui apakah kalian mengalami alergi atau tidak, maka perlu dilakukan tes alergi. Dengan tes alergi, kalian bisa mengetahui hasilnya secara pasti. Jika memang terjadi alergi, maka bisa langsung dikonsultasikan ke dokter kulit dan minta saran tentang cara pengobatannya.

Tes alergi perlu dilakukan jika kalian mengalami kondisi medis khusus. Misalnya adalah apabila terdapat eksim. Contoh lain adalah apabila gatal atau bengkak yang tak kunjung sembuh. Atau juga tes alergi diperlukan jika kalian mempunyai riwayat alergi makanan, obat-obatan, dll.

Alergi kulit harus ditangani oleh ahlinya. Bahkan, ada juga alergi pada kulit yang kondisinya sangat membahayakan yaitu eczema. Oleh karena itu, jika kalian mendapati diri kalian mengalami alergi kulit, jangan biarkan atau menggaruk terus menerus agar tak terjadi infeksi. Segera kunjungi dokter spesialis kulit agar alergi yang kalian alami bisa segera diatasi dengan tepat.

shares