Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memilih Setelan Jas Pria

Menggunakan busana adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Seiring berjalannya waktu, perkembangan tata busana di dunia menyesuaikan beberapa acara yang akan dihadiri. Bila di zaman dahulu orang hanya mengenakan satu jenis pakaian, sekarang hal tersebut tidak lagi sama. Orang-orang mulai mengkategorikan pakaiannya sesuai dengan acara yang akan didatangi. Untuk acara yang santai dan tidak terlalu formal, gaya busananya jelas berbeda dengan acara resmi atau formal seperti menggunakan setelan jas pria. Orang-orang bisa menggunakan pakaian berupa kaos atau celana yang nyaman digunakan untuk acara santai.

Namun, untuk acara formal, baik pria ataupun wanita akan menggunakan pakaian yang berbeda dari biasanya. Bagi wanita, menggunakan gaun formal adalah hal yang biasa. Perbedaan letak geografis wanita di dunia juga mengakibatkan perbedaan gaun formal yang dipakai. Di Indonesia, biasanya wanita mengenakan kebaya untuk menghadiri acara formal. Begitu pula dengan pria di Indonesia yang memiliki ciri khas sendiri ketika menghadiri acara formal. Pria Indonesia sering menggunakan baju batik. Namun, bila anda ingin menggunakan suatu pakaian yang berbeda, anda bisa menggantinya dengan menggunakan jas.

Jas merupakan salah satu gaya berbusana yang hadir dari negara eropa. Seiring berjalannya waktu, penggunaan jas juga merambah ke daerah lain. Selain menghadiri acara formal, jas biasanya juga dikenakan untuk bekerja dalam kantor. Desain jas membuat orang yang memakainya jadi terlihat lebih rapi dan sopan. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk memilih jas mana yang nyaman untuk anda kenakan.

  1. Memilih kain yang bisa memberikan perlindungan bagi anda dari cuaca panas dan cuaca dingin

Memilih jas harus disesuaikan dengan cuaca mayoritas yang terjadi di sebuah negara. Di Indonesia, karena termasuk dalam negara tropis, hanya memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Dua musim ini tidak terlalu memberatkan bagi anda untuk memilih bahan jas seperti apa. Lebih baik pilih kain dengan bahan yang adem sehingga tidak akan membuat anda gerah ketika harus memakainya di musim panas. Hal yang harus dipikirkan adalah ketika anda harus menggunakan jas di negara yang memiliki empat musim. Suhu di musim dingin tentu akan sangat berbeda dengan suhu di musim panas. Hal inilah yang mengakibatkan anda harus jeli dalam memilih bahan jas yang anda butuhkan.

  1. Kain yang lembut akan membuat nyaman

Jas yang dipakai untuk menyelesaikan suatu pekerjaan haruslah jas dengan bahan yang nyaman. Hal tersebut dikarenakan tubuh anda yang perlu rileks agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat dan akurat. Itulah mengapa kelembutan kain jas anda adalah hal utama yang perlu anda perhatikan. Kain yang lembut akan memberikan kenyamanan sehingga anda menjadi lebih rileks saat menyelesaikan pekerjaan.

  1. Jenis Kain

Jenis kain adalah faktor selanjutnya yang memungkinkan anda untuk memerhatikan dua faktor sebelumnya yang sudah dijelaskan. Ada banyak jenis kain yang bisa digunakan sebagai bahan dasar jas. Salah satu contoh yang biasa digunakan adalah kain wol. Wol merupakan salah satu kain favorit karena bisa memberi kehangatan saat cuaca dingin, tapi tidak membuat gerah saat harus digunakan di cuaca yang panas. Namun, kain wol sedikit berat sehingga anda perlu mempertimbangkan lagi penggunaan kain ini.

Beberapa faktor di atas semoga bisa anda jadikan referensi sebelum memutuskan setelan jas pria mana yang akan dipilih. Bila anda mengalami kendala, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pembuat jas atau orang yang profesional di bidangnya.

shares