Info Parenting, Kesalahan Orang Tua Membesarkan Anak Usia Balita

Membesarkan anak balita memang memerlukan cara khusus agar pada dirinya tersebut memiliki kepribadian yang baik. Namun terkadang orang tua melakukan kesalahan dalam mebesarkan anak balita. Bagi Anda yang punya anak balita, harus diketahu kesalahan yang sering terjadi, agar tak dilakukan pada anak. Berikut info parenting dari masalah tersebut:

  1. Tidak Konsisten

Perintah maupun rutinitas yang dapat membuat sang anak merasa untuk mempunyai tempat perlindungan dari dunia yang mereka liaht tidak dapat bisa diprediksi. Jika terdapat sesuatu yang telah diprediksi dan dilakukan dengan rutin akan dapat membuat anak merasa untuk lebih nyaman dan aman.

Anak-anak juga jadi lebih bersikpa manis dan tenang karena tahu apa yang akan terjadi. Solusi yang dapat dilakukan oleh Anda terhadap maslah tersebut adalah dengan sebisa mungkin untuk mengusahakan segala sesuatunya sesuai dengan rutinitas yang telah dibuat. Anda dapat meminta semua orang untuk ikut berpartisipasi dalam membuat rutinitas ini.

  1. Terlalu Sering Membantu Anak

Banyak dari orang tua akn langsung membantu anak yang masih balita saat mereka tidak bisa untuk melakukan sesuatu. Sebelum Anda melakukannya, Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa dengan menolong anak misalnya dengan memakaikan sandal atau memasang puzzle saat bermain, dapat emmbuat anak berpikir bahwa tidak bisa untuk melakukan sendiri.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan Anda harus mengajarkan anak untuk berusaha sendiri. Saat Anda melakukannya, tentu saja boleh dengan menggunakan semangat yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pada sang anak.

  1. Fokus pada Hal yang Negatif

Info parenting yang satu ini jangan sampai disepelekan. Orang tua akan dengan mudah untuk terpancing emosinya ketika melihat sang anak melakukan hal yang negatif dan tidak terlalu peduli atau mengingat akan hal yang positif untuk dilakukan anak. Orang tua akan lebih fokus pada apa yang tidak ingin anak Anda lakukan.

Maka dari itu, mulailah untuk memperhatikan hal-hal positif yang telah anak lakukan. Caranya adalah dnegan memberikan sang anak dengan hadiah karena telah melakukan hal yang baik atau positif. Hadiah yang dapat diberikan tidak harus berupa barang. Anda daoat memberikan pujian atau peluk cium kepada anak.

  1. Terlalu Banyak Berbicara

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak menurut atau patuh dan memahami sesuatu adalah dengan berbicara pada anak. Namun cara tersebut tidaklah tepat bila dilakukan saat sang anak marah maupun menunjukka sikap memberontak.

Anda dapat melakukan pembicaaran dengan pelan untuk menyarankan dan jangan mendiskusikannya atau membuat kontak mata. Bila anak tdak mau untuk mematuhinya, Anda dapat memberikan peringatan atau hitung sampai tiga. Jika anak masih menolak, maka dapat Anda berikan time out atau hukuman.

Kesalahan-kesalahan pada saat membesarkan anak balita Anda  jika tidak diperhatikan akan membuat kepribadian anak buruk, membangkang bahkan memberontak. Maka dari itu, Anda dapat menerapkan solusi-solusi dalam mengatasi permasalahn tersebut. Anda juga dapat mengunjungi orami.co.id untuk mengetahui info parenting lainnya.

shares