Inilah Ciri-ciri Desain Logo yang Baik

Logo sangat dibutuhkan oleh berbagai kelompok orang untuk menunjukkan identitasnya. Mulai dari perusahaan-perusahaan besar, event kampus, produk industri, bahkan blog pribadi membutuhkan logo sebagai jati dirinya. Tak heran, berbagai merek produk, perusahaan, website, sampai event yang akan digelar tak luput dari logo. Sebab, dari logo itulah, nama produk atau perusahaan tersebut akan dikenal oleh masyarakat luas. Desain logo ibarat wajah. Artinya, tiap logo pasti memiliki karakteristik yang beda dari logo lain. Jadi, jangan heran jika penciptaan logo tersebut haruslah unik dan mudah dibedakan dari kompetitornya. Semakin baik logonya, maka semakin baik pula identitasnya di mata masyarakat. Lalu, seperti apa ciri-ciri desain logo yang baik? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Logo Tidak Berdasarkan Trend yang Lagi In

Nah, jika Anda hendak membuat logo untuk perusahaan atau produk pribadi, sebaiknya jangan mengandalkan trend yang lagi booming atau in. Sebab, desain logo tersebut biasanya hanya akan bertahan selama trend tersebut sedang in saja. Sedangkan, ketika sudah berganti trend, maka logo tersebut akan terlihat ketinggalan jaman dan kuno.

Maka, usahakan untuk selalu membuat logo yang unik supaya tetap dapat bertahan dalam waktu yang lama tanpa harus mendesainnya ulang. Sebab, ketika logo didesain ulang, maka Anda akan mengubah persepsi masyarakat terhadap wajah atau identitas produk Anda.

Logo yang Tidak Memuat Banyak Unsur Warna

Pernahkah Anda melihat logo dengan warna yang beragam? Pasti terkesan membingungkan bukan? Untuk itu, hindarilah membuat logo dengan menggabungkan warna-warna yang banyak. Paling tidak, gunakanlah 4 warna untuk desain logo Anda. Kalaupun ingin memakai banyak warna, pastikan kombinasi warna yang dihasilkan logis dan nyaman dilihat. Jika perlu, terapkan ilmu psikologi warna.

Logo Harus Menggunakan Font yang Tepat

Tak hanya pemilihan warna yang harus tepat, penggunaan font atau huruf pun juga harus sesuai dengan image apa yang ingin ditampilkan. Ada beragam pilihan image dan font yang dapat Anda terapkan. Misalnya saja jenis font klasik untuk memberikan image mewah dan formal, atau font berlekuk-lekuk untuk menampilkan kesa informal dan playful.

Jangan Meniru Logo Lain

Inilah yang sering disalahartikan masyarakat. Terkadang, banyak orang meniru logo produk lain demi memperoleh populeritas yang sama. Padahal, setiap produk yang khas harus memiliki logo yang unik dan berbeda dengan logo lainnya, meskipun jenis produknya sama. Logo haruslah original, supaya ketika orang lain melihat logo Anda, maka ingatannya akan tergiring pada produk Anda, bukan produk orang lain. Misalnya saja, apa yang Anda pikirkan ketika melihat produk dengan logo buah apel tergigit? Pasti, pikiran Anda langsung tertuju pada salah satu brand gadget populer.

Jangan Terlalu Abstrak

Terkadang, banyak orang mengalami kesulitan untuk membuat logo sehingga nekat mendesain logo abstrak. Padahal, cara ini tidaklah tepat. Salah satu fungsi dari logo adalah identitas sekaligus penyampai pesan. Artinya, jika orang lain tidak melihat apapun pada logo Anda, maka logo tersebut gagal. Usahakan untuk selalu mendesain logo yang mampu menyampaikan pesan dan image terhadap orang lain tanpa mengurangi keunikannya.

Tidak Menimbulkan Makna Lain Ketika Diutak-atik

Selain unik, logo juga tidak boleh menimbulkan salah arti ketika diutak-atik. Misalnya, saja terselip kata-kata kotor ketika dilihat dari sisi yang berbeda. Untuk menghindarinya, cobalah teliti ulang dan mintalah pendapat dari orang lain.

Nah, itulah ciri-ciri dari logo yang baik. Pastikan, logo yang Anda buat sesuai dengan ciri-ciri di atas ya!

shares